Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Better Future with Islamic Economic "Our big dream,is to make this Islamic Economic as a blessing from Allah for the universe" Fighting! :)

Proses seleksi MODP Muamalat


Berhubung akhir-akhir ini banyak temen2 and adik-adik angkatan yang nanyain proses MODP, karna memang lagi momen2nya Bank Muamalat membuka banyak lowongan , saya mo share sedikit, smoga bermanfaat n memberi gambaran. J

Apa sih MODP?
MODP atau Muamalat Officer Development Program adalah program percepatan yang dirancang khusus untuk lulusan-lulusan perguruan tinggi terbaik yang memiliki minat karir di perbankan syariah. Mengapa disebut program percepatan? Karna ekspektasi Muamalat pada program MODP adalah program pencetak para pemimpin masa depan, yang tidak hanya profesional dan ahli di bidangnya, namun juga memiliki akhlakul karimah, dan memiliki semangat memberikan manfaat untuk sekitarnya.

MODP akan melalui program training selama lebih kurang 10 bulan (bisa lebih cepat atau lebih lambat, tergantung jadwal), dimana dalam program training ini seorang trainee MODP akan diajari mengenai all about Islamic Bank, mulai dari filosofi dan aspek syariah, operasional, bisnis unit dan bagian-bagian supporting lain-lain yang ada di Bank Syariah, manajerial skill, leadership, dibekali softskill2 lain yang bermanfaat, dari mulai teori dan landasan dasarnya, hingga praktek di lapangan pada masa OJT (On the Job Training). Pada akhirnya seorang lulusan MODP diharapkan menjadi seorang lulusan “siap pakai” yang siap ditempatkan di unit manapun. Seorang lulusan MODP adalah officer, yang artinya , saat bekerja, ia tidak boleh hanya berdasarkan pada kebiasaan atau instruksi yang ada, seorang MODP harus memiliki inisiatif, kritis, dan kreatif dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Terdengar berat mungkin? He..stay cool saja. Itulah fungsinya MODP dibuat dengan pendahuluan training intensif selama kurang lebih 10 bulan. Dan also..thats why, seleksi untuk masuk MODP dibuat berlapis-lapis, panjaaang dan lumayaan..;)

Banyak yang bertanya mengenai tahapan-tahapan tes MODP. Sekedar informasi saja ya..di zaman saya tes dulu, (yang baru beberapa bulan yang lalu,he) totalnya ada 9  tahap:
1.       1.  Seleksi Administratif
Ini tahapan kita ngirim CV dan berkas2 persyaratan via email. Pastikan CV yang dibuat semenarik mungkin. Coz biasanya yang akan masuk ribuan email, jadi pastikan CV kita lengkap, menarik, attraktif, enerjik, fantastik #lah? hehe

2.      2. Tes pengetahuan Islam dan pengetahuan perbankan syariah
Kalau ga salah soalnya sekitar 40 atau 50 pilihan ganda (rada lupa,he) waktunya juga Cuma sebentar. Soalnya standar, susah susah gampang. Kalau untuk alumni Rohis apalagi KSEI UNDIP, standarlah yaa..standar soal ujian HEI Silver 2 (ceile, ini mah narsis, haha :D)
Buat temen-temen yang bukan background ekonomi / syariah, bisa searching2 dulu di mbah google. Recomended itu materi dari website BI soal bank syariah. Dan inget2 lagi, pelajaran agama jaman SMP SMA n semester 1 nya, rukun Islam, rukun Iman, syarat sah wudhu, haji, dll. ;)

3.       3. Interview HCD
Biasanya langsung after tes tertulis. Jeda beberapa jam, langsung ada interview dari HCD / HRD. Bisa dalam bahasa inggris ataupun bahasa Indonesia. Masih seputar cv dan pengalaman di  organisasi, juga seputar motivasi ikut MODP.

4.       4. Psikotest
Biasanya yang menghandle psikotest ini dari UI, tempatnya untuk area Jakarta bisa di UI Salemba. Psikotesnya umum, sama seperti psikotes2 di tempat2 lain, speedtest, kreplin, TPA, tes gambar, logika, study case, dll. Ada form2 yang harus diisi juga, form riwayat hidup,n kuesioner

5.       5. interview psikolog
Interview psikolog bisa jadi di hari yang sama, atau keesokan harinya, tergantung kita dapat jadwal yang mana. Fyi aja, disini interviewer2nya (para psikolog) akan memasang tampang datar, no reaction (pengalaman saya n temen2 sih,:D) , mungkin untuk tes mental juga kali ya? Yang ditanya seputar hasil tes kita di psikotest , study case, masih seputar pengalaman, motivasi, cara kita mengelola hubungan dengan orang lain, dll. Stay rilex aja disini, yang penting PD dan jujur, jangan berbohong coz konon kabarnya, seorang psikolog bisa mendeteksi jika kita berbohong , he :p

6.       6. Tes TOEFL
Untuk test TOEFL atau EPT ini Muamalat bekerjasama dengan lembaga LIA. Standar TOEFL, mulai dari listening, structure, reading sama ada writing dan speakingnya juga. Menurut saya sih, soal TEST nya WOW, tapi ya do the best aja, jangan lupa persiapan, ulang2 lagi soal2 latihan TOEFL, mulai perbaiki conversation.

7.       7. Interview Kadiv / Manajer area
Kalau sudah sampai di tahap ini, banyakin doa..coz udah mo mendekati proses akhir :D
Disini biasanya lebih santai sih, saya dapet interviewer Alhamdulillah baik bangeet , ngobrol santai seputar pengalaman, motivasi, kesiapan untuk mengikuti proses training yang akan lumayan berat, kesiapan ditempatkan diposisi apa saja dan dimana saja, dll. Interviewer nya juga banyak cerita2 mengenai pengalaman dan suasana kerja di Muamalat. For me, it was fun waktu sampai tahap ini. J

8.       8. Medical Check Up
Medical check up standar, kalau ga ada penyakit yang serius-serius banget insyaAllah aman di tahap ini.

9.       9. Interview Direksi
Jreng jreeng...this is the last test J Biasanya ga akan lama, coz direksi juga ga punya banyak waktu untuk menginterview. Lebih ke rangkuman aja, ditanya background, motivasi,dll.
Jika lulus dari keseluruhan tahap, akan diemail draft kontrak dari HCD. Silahkan dicermati dan ditanyakan lagi ke HCD seputar poin-poin yang ada di kontrak sejelas-jelasnya. Bebas mau menanyakan apa saja, benefit, ikatan kontrak, status karyawan, jenjang karir, dll.

Info yang dikasih dari HCD, jarak dari satu tes ke tes yang lain antara 1-2 minggu. Tapi ga ada patokan pasti juga, dulu saya cuma beberapa hari dari tes tertulis dan interview HCD ke tahap psikotest. Tapi lama banget dari interview psikolog ke tes TOEFLnya.

Intinya , keep ikhtiar saja. Masa2 mencari pekerjaan itu unik terkadang yang baik menurut kita belum tentu baik juga menurut Allah. Kita sudah menetapkan rencana dan visi misi jangka panjang, tapi ternyata realita yang ada tidak sesuai harapan. La Tahzan, Allah tau yang terbaik jauh melebihi pengetahuan hambaNya. Tuliskan saja rencana kita dengan pensil dan biarkan Allah yang memegang penghapusnya, biarkan Ia menghapus rencana-rencana kita dan menggantinya dengan yang terbaik dariNya. Perbanyak doa, minta petunjuk Allah, semoga diberikan pekerjaan terbaik ditempat terbaik.  

Dimanapun kita berada, dan apapun pekerjaan yang menjadi rezeki kita, semoga menjadi lahan dakwah bagi kita untuk berkontribusi yang terbaik demi kebermanfaatan yang luas.
Yang sedang ikhtiar menjemput rezeki, tep smangaaaat yaa!! Semoga sukses untuk kita semua.  J

Nb : ada banyak blog lain yang bercerita tentang proses MODP, searching google saja n ada forumnya juga di kaskus, lumayan buat persiapan..smangaad!! :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, Wr. wb izin share ya d blog sy, tks

sebuah renungan.. mengatakan...

Walaikusalam. Silahkan :)

Unknown mengatakan...

Subhaanallah.. It's Very Good

Posting Komentar